Essential

Prinsip Dasar Pengasuhan

Editorial Note:

Membaca judul artikel ini mungkin menimbulkan kesan seperti artikel parenting umum. Mengapa kami masukkan dalam web ini? Jawabannya karena merupakan essential yang harus dipahami sebagai The Why kita sebagai orang dewasa perlu belajar. Belajar apa yang benar, dan terlebih bagaimana cara menyampaikan kebenaran tersebut.. Belajar mengapa manusia tidak begitu saja bisa dijejelin berbagai teori jika kita ingin mengedukasi dia, termasuk di dalamnya tentang kemampuan digital – digital literacy.. dan..
Belajar bagaimana manusia bisa paham atas apa yang disampaikan kepadanya..

~ Ami

—————————

Belajar dari Yayasan Kita dan Buah Hati serta SEMAI2045


Definisi Parenting menurut Semai 2045, yaitu aktivitas menunaikan amanah Sang Pencipta berupa pengasuhan yang dilakukan orangtua kepada anaknya dalam rangka mempersiapkan anaknya menjadi dewasa (aqil) hingga tersebut baligh (bagi laki-laki) dan menikah (bagi perempuan).

Ada 3 prinsip dalam pengasuhan anak, diantaranya adalah :

  1. Spiritual Based

Anak yang Anda miliki saat ini merupakan suatu ‘produk’ Ciptaan Allah. Setiap produk pasti punya Paduan Manual-book. Panduan ini tidak lain adalah Kitab suci yang diturunkan Oleh-Nya, dan pedoman yang ada pada utusan-Nya.

Hal inilah yang seharusnya menjadi pedoman utama dalam memperlakukan manusia, termasuk dalam mengasuh dan mendidik.

  1. Brain Based

Untuk merawat ‘sesuatu’, pastinya kita harus mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada ‘mesin utama’ hal tersebut. Hal ini dimaksudkan agar terawat dengan baik dan tidak terkontaminasi sesuatu yang tidak seharusnya.

Manusia memilki otak sebagai mesin utama yang berperan sebagai pusat kendali. Oleh karena itu, bagaimana perlakukan dan pendidikan yang diberikan kepada manusia harus pula mengikuti cara kerja “mesin utama” nya.

Sampaikan pengetahuan dan ilmu pada manusia, terutama anak, dengan takaran umur perkembangan ‘mesin utama’ nya pada saat itu. Sehingga, istilahnya, mereka dapat berfungsi sebagaimana fitrahnya, baik untuk memahami masalah maupun secara mandiri menciptakan suatu solusi.

  1. Dual Parenting

Peran orangtua sangat penting dalam hal pengasuhan anak. Ada 2 vitamin penting yang dibutuhkan oleh seorang anak. Vitamin yang pertama adalah vitamin A (Ayah) di mana sang ayah mempunyai peran utama sebagai panutan anaknya dalam mengambilkan tindakan dalam suatu keputusan. Vitamin kedua yaitu vitamin B (Bunda) yang memiliki peran sebagai sosok yang hangat dan merupakan tempatnya dalam berbagi banyak hal.

Oleh karena itu, peran sebagai orangtua harus maksimal, agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Lebih jauh lagi, mereka dapat tumbuh dewasa dengan memiliki nilai-nilai positif yang telah ditanamkan sejak dini.

Sumber :

http://ikk.fema.ipb.ac.id/id/wp-content/uploads/2014/09/pengasuhan-anak.jpg

 

Wife of great @fajrinrasyid | A lifelong learning woman | With an idealism of how survive a life | With a belief that everything's gonna be okay in the end :)

0 comments on “Prinsip Dasar Pengasuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: