Article

Mau Agar Anak Berselancar di Internet Dengan Aman? Yuk Pahami Metode Ini !

Hal yang menarik pada kondisi kita saat ini adalah banyaknya gerakan proteksi penggunaan gadget, tapi di sisi lain di dunia pembelajaran justru penggunaannya semakin ditingkatkan. Banyak sekolah memberi aturan untuk setiap siswa bisa melibatkan perangkat teknologi  mereka sendiri dalam mengakses informasi, mengikuti kursus, melakukan penelitian dan mengerjakan pekerjaan rumah, yang melibatkan guru dan teman sekelas mereka.

Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik telah menghimbau sekolah untuk mengajarkan anak-anak kita tentang penggunaan Internet dengan aman dan bertanggung jawab. Namun nyatanya, bukanlah sekolah yang menjadi tempat pertama anak untuk belajar meggunakan internet dengan bijak. Orang tualah tempat pertama yang tepat untuk mengenalkan anak pada teknologi. Anak-anak juga bisa terhubung online baik di rumah maupun di sekolah.

Berikut adalah beberapa metode yang dapat membantu kita sebagai orang tua agar anak bisa aman dalam berselancar di internet:

  1. Dorong kepemimpinan sebagai orang tua , di lingkungan sekolah, saat berkumpul komite kita bisa memulai dengan membuat agenda diskusi bersama orang tua lain dengan satu atau dua fasilitator untuk memulai diskusi tentang penggunaan inernet yang aman dan bertanggung jawab. Momen ini adalah wadah kita untuk berlatih bagaimana untuk bisa saling membuka wawasan satu sama lain dan menjadikan ini sebagai saana bertukar pikiran yang tepat untuk menentukan penanganan yang sesuai untuk anak.
  2. Ajak anak berkomunikasi secara teratur tentang bagaimana dia menggunakan teknologi di kelas, dan bagaimana kita bisa memastikan anak belajar menjadi netizen yang cerdas pada saat bersamaan. Jadikan itu bagian dari diskusi santai.
  3. Minta anak menjelaskan bagaimana penggunaan teknologi yang tepat diterapkan melalui aturan sekolah. Ideal nya diskusi ini dilakukan saat setiap semester agar anak juga dapat terus proaktif dalam menggunakan pikirannya yang kreatif. Dia juga harus mengerti apa yang merupakan pelanggaran yang diatur oleh pihak sekolah dan bagaimana penanganannya.
  4. Jadilah kreatif. Saling support dalam berteknologi antara kita dengan anak adalah keputusan yang tepat. Pada akhirnya, sekolah dan orang tua tidak boleh membatasi diskusi agar anak merasa aman dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi. Menemukan cara menggunakan teknologi dengan keluarga atau mendorong anak untuk menggunakannya bersama melalui kegiatan berbasis sekolah, acara, penggalang dana, atau proyek lainnya adalah solusi yang baik. Minta keluarga meneliti silsilah mereka bersama-sama, buat kontes blog atau tingkatkan kesadaran dalam berinternet, belajar menggalang dana untuk kegiatan sekolah menggunakan media sosial, atau bahkan mendorong keterlibatan keluarga dalam program kampanye yang dirancang khusus untuk  melibatkan remaja, sekolah, dan keluarga lain dalam membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan teknologi yang aman dan bertanggung jawab.
  5. Minta anak mengenali penggunaan teknologi yang positif di sekolahnya melalui cara formal atau informal. Kita dapat diundang untuk menjadi bagian dari program semacam itu. Penghargaan atau pengakuan dapat diberikan kepada masing-masing siswa atau kelompok siswa, kelas, atau bahkan keluarga jika mereka bisa turut aktif untuk memahami dan dapat menjelaskan kembali secara persuasif ke orang lain.

Teknologi bisa mengintimidasi orang-orang di dalamnya yang sedang menggunakan. Tugas kita mengajar anak-anak untuk tahu cara menggunakannya dengan tepat. Kita tidak bisa menghindari kewajiban kita untuk membuat teknologi agar menjadi alat yang digunakan anak kita  secara aman dan dapat bertanggung jawab. Untungnya, ada cara investasi sederhana dan murah untuk melakukan itu. Hanya butuh kemauan dan sedikit keberanian untuk mengambil langkah pertama.

Sumber : Internet Safety for Kids and Families di Trend Micro.

Sumber gambar : http://thejunglepost.com/2016/07/08/how-to-avoid-mindless-surfing-on-the-internet/

0 comments on “Mau Agar Anak Berselancar di Internet Dengan Aman? Yuk Pahami Metode Ini !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: