Featured

Kado Kecil untuk Indonesiaku

Ide tentang web att.IT.ude pertama kali muncul 3 taun yang lalu di angkot.. bener di angkot yang lagi ngetem dan bikin spaneng.. but there’s always blessing in disguise, isn’t it? Konsep tentang ide inipun saya coret-coret di angkot itu pula.. Akan tetapi kemudian mimpi untuk merealisaskan ide itu tenggelam oleh berbagai hal dengan root problem “saya belum selesai dengan diri sendiri”.

Kekhawatiran akan ide serupa yang sudah banyak, siapa  gue, takut salah, takut gak langsung bagus, di luar negeri bahkan sudah ada dan dikomersialisasikan (walaupun tidak ada niat kesana), di dalam negeri pun ternyata ada ide serupa yang udah bertahun-tahun secara konsisten di jalankan, dan alasan terbesar, anak aku sendiri masih PR banget soal ini..

Tapi terus maunya apa? niatnya apa? buat keren-kerenan? buat eksistensi? buat legacy? atau buat pembelajaran bersama?

It needs a village to raise a child..
moreover, what we raise is a generation..

So it’s okay to fight for the same idea.. banyak kepala = banyak insight untuk belajar 🙂

2 tahun kemudian setelah sedikit lebih waras, saya dipertemukan dengan bocah-bocah dengan bakat di luar akademik.. mulai dari menulis, kepedulian terhadap isu anak, kemampuan berpikir luas, ketekunan eksplorasi hal baru, kemampuan managing sumber daya, sense desain, dan kepercayaan bahwa ini topik yang perlu diperjuangkan..

kemudian teteh dan adik.. penyebab berbagai galau.. nah kenapa gak galaunya dihajar sekalian.. teteh adalah project percontohan berbagai macam teori digital literacy in parenting yang berujung : gagal… tapi pembelajaran besarnya adalah : teori tidak cukup, segalanya tidak instan, butuh kerja keras, kesabaran, konsistensi, ikhlas.. dan more insight tentang cara-cara prakteknya.. kenapa tidak belajar sambil sharing, jadi makin banyak ilmu yang diperoleh.. doanya adalah segala manfaat bisa kembali buat teteh dan adik juga..

Ayah, terima kasih dengan segala insight di bidang socio-technology engineering..
Serta para eyang dengan kesederhanaan cara berpikir namun konsisten sehingga apa yang diajarkan tidak lekang oleh waktu..

dan ide itu, mimpi itu, kini jadi nyata..
persembahan cinta kami untuk negeri..
kado kecil untuk Indonesia..
hadiah kecil kami untuk memenuhi jawaban
“aku pasti mengabdi”..
sederhana..
tapi insya Allah bisa terus tumbuh dan bisa menjadi media belajar bersama untuk generasi Indonesia yang lebih baik.. amiin..

yuk, siapapun yang mau ikut menulis, belajar, dan berbagi ilmu akan diterima dengan tangan terbuka di sini.. kurangi anti, perbanyak kolaborasi.. dalam kebersamaan kita berkarya..

Depok, 17 Agustus 2017

~ Amalia Rahmah
Digital literacy enthusiast
Dosen STT Terpadu Nurul Fikri
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Komputer Universitas Indonesia
dengan topik disertasi Learning with Technology atas beasiswa LPDP

Wife of great @fajrinrasyid | A lifelong learning woman | With an idealism of how survive a life | With a belief that everything's gonna be okay in the end :)

0 comments on “Kado Kecil untuk Indonesiaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: