Uncategorized

6 Cara Menjadi Orang Tua Keren dengan Mengontrol Anak dalam Teknologi

Hai para ibu dan ayah, apakah pernah merasa bahwa sering membuat keputusan yang salah sebagai orang tua?

Kadang keputusan kita memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan yang mungkin saat membuat keputusan didasarkan atas informasi terbaik yang dimiliki, namun tidak berjalan seperti yang direncanakan .

Ataukah pernahkan memberikan gadget untuk anak? Seperti memberikan iPhone saat ulang tahunnya? Mungkin itu adalah hal terbaik karena kita bisa terhubung dengannya melalui telepon dan teks, dan bahkan kita bisa melacak keberadaannya setiap waktu.

Tapi pernakah menyadari kemudian bahwa anak kita nilainya turun?

Bagaimana ini bisa terjadi?

Sebenarnya sangat sederhana, kita orangtua memberikan smartphone dengan tujuan agar kita dapat dengan mudah menghubungi anak kita. Namun, banyak sekali fitur di dalam gadget  yang membuat anak kita sering tenggelam dalam dunia maya. Pada saat itu, kita sudah tidak bisa memantau mereka. Apa yang mereka lakukan akan terjadi begitu saja. Lantas, bagaimana seharusnya sikap kita ?

Berikut 6 langkah terbaik untuk bersikap :

# 1 Mendidik Diri Kita dengan Teknologi Terbaru

Anak kita sekarang lebih menyukai teknologi daripada kebanyakan kita di masa remaja. Mereka telah terpapar perangkat elektronik sejak usia dini, dan mereka menguasai teknologi lebih cepat dari yang kita lakukan. Sebagai orang tua, kita harus mendidik diri kita sendiri tentang bagaimana anak kita berinteraksi dengan teknologi.

# 2 Bicaralah dengan Anak tentang Resiko dan Ajari Agar Terhindar

Penting bagi anak kita mengetahui tentang bahaya yang dapat ditemukan secara online. Entah itu pelecehan, penipuan, atau bahkan sebuah teror. Diskusikan bahaya ini dengan anak kita di usia yang sesuai. Dan bekerja sama satu keluarga unuk bisa meminimalkan resiko buruh yang dapat terjadi pada anak kitaa ketika berselancar di dunia maya.

# 3 Buat Aturan Realistis Bersama

Pada awalnya, mungkin banya dari kita membuat peraturan yang protektif, membatasi akses internet, sengaja memblokir situs yang sebenarnya tidak terlalu buruk, dan sebagainya.

Alih-alih bereaksi berlebihan, bekerja sama dengan anak jauh lebih ideal dengan menetapkan aturan realistis yang membatasi interaksi teknologi mereka. Seperti bersepakat media sosial mana yang boleh dan tidak boleh di akses. Begitu jug untuk game atau bahkan jadwal online.

# 4 Gunakan Kontrol Orang Tua

Gunakan kontrol orang tua (parental control) untuk melindungi anak dari konten eksplisit, dan untuk memantau aktivitas online anak. Ini bisa diterapkan langsung pada gadget yang terintegrasi di dekstop, dan bisa langsung mengaktifkan keamanan di sistem operasi perangkat yang digunakan.

# 5 Dapatkan Password Anak Anda

Tidak peduli berapa umur anak kita, adalah baik untuk mendapatkan kata kunci pada ponsel anak dan semua akun online mereka. Dalam usia anak, mereka cenderung tidak memiliki kedewasaan untuk menangani masalah online, kita harus bertanggung jawab menjaga mereka untuk tetap aman.

# 6 Batasi Multitasking

Tidak mudah bagi anak-anak untuk tumbuh di dunia yang terhubung saat ini. Mereka terkena banyak hal yang tidak kita hadapi pada usia mereka. Mereka juga menghadapi lebih banyak gangguan daripada generasi sebelumnya.

Hal ini akan membuat keadaan lebih buruk, jika waktu produktif anak terpotong akibat terlalu lama berselancar di internet

Sebagai orang tua, kita perlu membatasi gangguan ini sehingga mereka dapat fokus untuk menyelesaikan aktivitas yang mereka lakukan di dunia nyata.

Sumber http://www.pewinternet.org/files/old-media//Files/Reports/2010/PIP-Teens-and-Mobile-2010-with-topline.pdf

Sumber gambar: http://resources.uknowkids.com/blog/topic/parental-monitoring

 

0 comments on “6 Cara Menjadi Orang Tua Keren dengan Mengontrol Anak dalam Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: