Parental Control

Film Animasi Edukasi Anak yang ‘Ramah’ Anak

Film mempunyai pengaruh yang cukup tinggi bagi anak-anak, dimana sifat keingintahuannya yang tinggi dan suka meniru apa yang dilihat olehnya. Oleh sebab itu, menayangkan film yang baik sesuai dengan umurnya sangat dianjurkan. Jika anak sejak dini sudah melihat tayangan yang tidak sesuai dengan umurnya, maka akan ada dampak negatif terhadap kepribadian bahkan pola pikirnya.

Namun sekalipun judulnya film edukasi, orang tua juga harus tetap aware akan hal-hal tertentu dan memberikan pendampingan. Hal-hal ini meliputi:

  • pakaian yang digunakan orang dewasa dalam film itu
  • karakter anak ‘nakal’ yang kemudian menjadi baik
  • tata bahasa yang digunakan

Anak seringkali cenderung meniru yang aneh dan tidak bisa menurut dia, hal itu seringkali meniru konten negatif, walaupun sebenarnya maksud film tersebut lebih mengajarkan bahwa perbuatan nakal itu tidak baik.

Berikut beberapa film edukasi animasi pilihan kami yang sudah puluhan kali ditonton oleh editorial dan dapat dikategorikan aman untuk anak, dengan tetap perlu pendampingan orang tua jika anak menanyakan hal yang perlu diluruskan.

1. Diva The Series
gambar-1Film anak Diva The Series kini mulai digemari oleh anak-anak. Bercerita tentang Diva dan dan teman-temannya yaitu : Febi, Mona, Putu dan Tomi. Film anak ini merupakan produksi Kastari Animation. Anak-anak diajak untuk lebih mengenal persahabatan serta keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Diva dan teman-temannya berasal dari suku daerah yang berbeda-beda, dan mereka membawakan logat masing-masing dari setiap daerahnya. Banyak nilai edukasi dan positif yang dapat diambil dari menonton tayangan animasi anak ini.

2. Ella dan Ello
gambar-2Ella dan Ello, merupakan film animasi anak produksi Kastari Animation. Dua anak ini yang selalu bersama, banyak memberikan pengetahuan tentang sekitarnya. Bersama dengan burung Kiko yang pintar, buah hati bunda dan adik akan dikenalkan dengan benda-benda yang ada dikehidupan sehari-hari. Seperti mengajarkan mengenalkan satwa-satwa, kendaraan umum, berbagai macam buah-buahan, serta makanan dan minuman. Anak akan belajar benda-benda yang awalnya mereka tidak ketahui, maka dengan menonton film animasi ini mereka akan lebih tau dan mengenalnya. Mengenal sekitar, dengan cara yang asik dan menyenangkan.

3. Adit & Sopo Jarwo
gambar-3Adit & Sopo Jarwo, merupakan film animasi anak produksi rumah film MD Animation ini kini mulai menarik perhatian para penikmat layar kaca. Film ini dirilis sejak 27 Januari 2014 di MNC TV, namun kini film tersebut ditayangkan pada chanel Global TV. Film ini menceritakan tentang kisah persahabatan Adit, Denis, Mitha, Ucup, Devi dan petualangan seru si Adelya kecil. Sosok Adit yang menjadi inspirator dan motivator untuk teman-temannya untuk menjalani kegiatan sehari-hari dan impian dimasa depan. Namun bukan hanya sahabat, Adit harus berurusan dengan orang yang mencari celah dan keuntungan tanpa harus berusaha yaitu Sopo dan Jarwo. Akan tetapi      akhirnya tidak permusuhan baik secara fisik ataupun emosional. Diantara mereka ada Haji Udin yang merupakan Kepala RW yang berperan sebagai sosok yang bijaksana dalam menengahi mereka. Nasihat bijak dan moral disampaikan dengan ringan dan mudah pada film tersebut, sehingga mampu mengembalikan suasan gaduh menjadi lebih tenang.

4. Syamil dan Dodo
gambar-4Syamil dan Dodo, merupakan film animasi anak yang ditayangkan pada Rajawali Televisi. Merupakan film anak yang diproduksi untuk mengajarkan tentang Agama Islam yang diperankan oleh Syamil dan Dodo. Sosok Dodo yang berperan sedikit lebih nakal, namun Syamil memiliki sifat yang berbanding terbalik dari si Dodo. Walaupun mereka memiliki karakter yang cukup berbeda, mereka merupakan sahabat satu sama lain.Ceritanya yang sederhana, berdasarkan dari kisah kehidupan sehari-hari namun pengemasan cerita yang menarik dan lucu mampu membuat anak-anak dan adik tertawa selama menonton tayangan tersebut. Dengan film ini, anak akan memahami Islam lebih mudah dan indah dengan cara yang menarik dan tidak membosankan.

5. Jalan Sesama
gambar-5Jalan sesama adalah Sesame Street versi Indonesia, dimana acara tersebut tayang di layar kaca Indonesia pada 18 Februari 2008. Film animasi anak ini diproduksi oleh Creative Indigo Production, yang merupakan berhubungan langsung dengan Sesame Workshop. Jalan Sesama sampai tahun 2010 disiarkan di Trans7, dengan menayangkan 156 episode.Kemudian, dimulai pada taggal 9 September 2011 film ini ditayangkan kembali, namun pada siaran yang berbeda yaitu di KompasTV. Kini Jalan Sesama menjadi salah satu tayangan favorit anak-anak, isi dalam film tersebut mengenai isu lingkungan saat ini. Bersama dengan Momon, Tantan, Jabrik, dan Puteri, 4 sekawan ini akan bepetualang dalam berbagai hal yang kemudian dikemas menjadi cerita menarik.

0 comments on “Film Animasi Edukasi Anak yang ‘Ramah’ Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: