The Concerns

Komunitas Anti Hoax Indonesia

Informasi palsu atau hoax sering menyebar di internet dan media sosial dalam beberapa hari terakhir. Informasi menjadi palsu jika tidak ada penyematan sumber yang dapat diverifikasi. Informasi juga terkadang hanya menggunakan satu Angle saja dan ditulis pada nada yang tendensius. Informasi Hoax juga selalu ditampilkan oleh sumber anonim. Dalam merespon masalah ini saat ini, Beberapa dari netizen dan masyarakat indonesia membuat dan mendeklarasikan Komunitas Anti Hoax Indonesia dan melakukan sosialisasi ke masyarakat luas dampak dari berita hoax.

Kegiatan Deklarasi komunitas Anti Hoax Indonesia dan sosialisasi dari dampak negatif berita hoax diadakan saat Car Free Day pada Minggu, 8 Januari 2017 di Jakarta. Selain Jakarta, deklarasi juga digelar di Surabaya, Semarang, Solo, Wonosobo dan Bandung. Kegiatan ini diharapkan dapat menarik pengguna media sosial untuk tidak menyebarkan informasi palsu atau menyebarkan sebuah masalah yang tidak jelas sumber informasinya. Inisiatif teman-teman Anti Hoax Indonesia, dimulai dari netizen Indonesia yang mencoba melawan tipuan sporadis dengan mendirikan kelompok Anti Hoax di media sosial. Gerakan ini kemudian dikumpulkan dan dikompilasikan ke masyarakat Anti Hoax Indonesia lainnya untuk memperluas gerakan mereka. Masyarakat juga membuat beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan workshop tentang melawan hoax.

Anti Hoax menyebar di masyarakat Indonesia secara aktif, dan berkembangkan di beberapa provinsi di Indonesia. Karena sudah mendesak, masing-masing dari mereka bergerak secara independen. Di Yogyakarta misalnya mereka membuat pendekatan kultural. Sementara di Surabaya melalui kegiatan akademik. Untuk melawan hoax juga dapat bergabung dengan kelompok anti hoax yang tersebar di media sosial seperti facebook. Selain itu, kita juga dapat melaporkannya melalui website Turn Back Hoax, di data.turnbackhoax.id. Situs ini merupakan salah satu inisiatif masyarakat Anti Hoax Indonesia untuk mengidentfikasi hoax dan juga berfungsi sebagai data base hoax di Indonesia.

Tindak lanjut dari buah pemikiran para netizen yang tergabung dalam grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH) di Facebook, telah melahirkan Turn Back Hoax yang berusaha memerangi penyebaran berita palsu. Septiaji Eko Nugroho dari komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia mengatakan bahwa FAFHH berusaha memerangi penyebaran berita palsu di internet dengan berbagai upaya, antara lain sosialisasi soal media sosial ke remaja dan literasi media untuk masyarakat umum.
Salah satu upaya tersebut adalah Turn Back Hoax yang dikembangkan secara sukarela oleh sejumlah anggota komunitas yang berkiprah di bidang teknologi informasi, dengan Khairul Anshar sebagai ketua gerakan.

Berbentuk ekstensi peramban Chrome, Turn Back Hoax mengandalkan mekanisme crowdsourcing. Para penggunanya melaporkan konten-konten di internet yang diduga merupakan hoax, untuk kemudian disatukan dalam satu basis data. Basis data yang bisa bebas dikunjungi dengan browser desktop atau mobile ini diharapkan bisa menjadi rujukan netizen di Indonesia dalam memilah mana informasi yang benar. Di dalamnya ada fitur search berbasis kata kunci untuk mempermudah pencarian rujukan.

By : Arif Voyager

Referensi
http://www.parokimkk.org/pdf/TURN%20BACK%20HOAX%20v.1.pdf
http://blog.sonarplatform.com/index.php/2017/01/09/lets-fight-hoax-with-turn-back-hoax/
http://tekno.liputan6.com/read/2685822/yuk-tangkal-berita-bohong-dengan-aplikasi-turn-back-hoax

0 comments on “Komunitas Anti Hoax Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: