The Concerns

11 Contoh Cyberbullying yang Harus Kamu Ketahui

“Seseorang mengambil foto anak saya, menulis keterangan konyol dan mengirim sms ke seluruh sekolah. Apakah itu dihitung sebagai cyberbullying? Apa ada beberapa jenis lain dari
cyberbullying?”—Netizen

Biasanya, cyberbullying ditandai dengan “Kejahatan” yang berulang; entah itu sesuatu yang
dipikirkan, satu atau dua kali membuat lelucon baik disengaja maupun tidak.

Berikut beberapa contoh lain dari perilaku yang bisa dikategorikan menjadi cyberbullying:
Mengirim email kepada seseorang
Email merupakan fitur standar yang dimiliki setiap pengguna internet, termasuk anak dan remaja. Itu artinya intensitas dalam pengecekan email, bisa dilakukan setiap jam perhari. Konten berbau penghinaaan dapat langsung dikirimkan secara berkelanjutan mengingat konteks email bersifat pribadi dan bisa langsung dibaca oleh yang bersangkutan.

Memposting suatu hal ke dalam forum
Forum seperti Kaskus dan Disqus memberikan akses kepada netizen untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi ke sesama netizen lainnya. Dinamisasi dalam berdiskusi membuka peluang besar terjadinya bullying akibat dari apa yang diucapkan. Bullying dapat berupa olok-olok, intimidasi, sampai ancaman.

Mengolok-olok di online chat
Saat melakukan obrolan ringan di sebuah media online chat seperti whatsapp, atau line, ada saja celah untuk melakukan penghinaan baik itu sifatnya bercanda maupun tidak. Walaupun tujuan yang dilakukan adalah bercanda, hal itu tanpa sadar bisa menghancurkan mental seseorang yang berimbas pada pribadi yang murung.

Menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat di dunia online atau game
Bermain adalah hal yang bisa dilakukan segala kalangan, mulai dari anak sampai orang dewasa. Hal yang kemudian memprihatinkan adalah ketika interaksi melalui game online diwarnai lontaran kata-kata kasar yang disertai dengan penghinaan.

Meniru profil online seseorang 
Biasanya ini terjadi di media sosial seperti facebook dan twitter. Motif yang melatarbelakangi hal pemalsuan identitas ini salah satunya bertujuan untuk menjatuhkan nama si target karena dendam, atau iri. Beberapa kasus terungkap ternyata pelaku merupakan rekan dekat korban.

Berulangkali mengirim pesan singkat berkonten pelecehan
SMS, whatsapp, Line adalah media efektif untuk berinteraksi secara pribadi ke sesama netizen. Tujuan positif para pendiri sosial media dirusak oleh beberapa oknum yang menggunakannya untuk konteks negatif. Contohnya adalah pesan berbau pelecehan, konten pornografi, atau penghinaan berbau SARA.

Menebar rumor dan gosip secara online
Dalam dinamika sosial, gosip atau rumor yang belum jelas adalah bumbu penyedap dalam
sebuah obrolan. Akan tetapi, bagaimana jika gosip yang terlontar atau rumor yang diberikan menyudutkan seseorang atau bahkan membahayakan nama baik seseorang?

Mencuri password seseorang dan masuk ke akun orang pemilik password tersebut
Mungkin banyak dari kita tanpa sadar mengakses akun secara online di tempat umum dengan tingat keamanan yang lemah. Tak jarang teman bersikap usil dengan melirik atau berusaha menebak password akunnya yang membuat ia bisa secara bebas mengacak-acak akun milik anak kita. Lebih jauh lagi jika akun tersebut kemudian disalahgunakan untuk posting hal-hal berbau negatif.

Mengambil foto atau video dan berbagi tanpa persetujuan pemilik.
Sekarang instagram dan youtube adalah media yang paling populer. Banyak dari kita yang
gemar mengambil momen berupa foto dan video dan kemudian mengunggahnya ke sana. Di sisi lain, ada bahaya dari netizen yang usil mengambil foto dan video milik kita tanpa izin, tanpa mencantumkan sumber, dan ada pula yang memodifikasi isi konten dengan tujuan untuk menjatuhkan nama baik.

Sumber gambar: http://www.worldpulse.com/en/community/users/kujamac12/posts/65258

Wife of great @fajrinrasyid | A keep learning woman | With an idealism of how survive a life | With a belief that everything's gonna be okay in the end :)

0 comments on “11 Contoh Cyberbullying yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: